Search

Rabu, 15 Februari 2012

Sariawan si putih kecil yang menyakitkan..



     Sariawan merupakan salah satu penyakit di dalam mulut yang paling populer..Kenapa? Karena hampir setiap orang pernah mengalami sariawan dalam hidupnya. Satu hal yang langsung muncul dalam pikiran kebanyakan orang jika mendengar  kata Sariawan pasti Vitamin C, karena kekurangan zat ini dianggap sebagai penyebab dari terjadinya sariawan. Nahh lalu apakah anda mengetahui tentang sariawan? apakah sariawan? apa penyebab sariawan? bagaimana cara mengobati sariawan? Mari kita liat yuk :)

     Sariawan/ Stomatitis Aphtosa merupakan bahasa awam untuk berbagai macam lesi/ luka yang terjadi di rongga mulut. Ada beberapa macam jenis Sariawan, namun biasanya jenis sariawan yang sering timbul sehari-hari pada rongga mulut kita disebut Stomatitis Aftosa Rekuren. Sariawan sebenarnya adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan pada permukaan yang agak cekung.


  Gejalanya yang paling mencolok adalah rasa sakit dan terbakar, terutama jika tersentuh. Hal ini semakin terasa terutama ketika kita makan, dimana sariawan ini akan sangat mengganggu. Terganggunya proses makan, terkadang membuat pasien dengan Sariawan datang ke dokter gigi dalam keadaan lemas, karena asupan gizi yang berkurang. Ini sering menyerang siapa saja. Tidak mengenal umur maupun jenis kelamin, walaupun menurut penelitian, wanita lebih sering terkena daripada pria. Biasanya daerah yang paling sering timbul Sariawan ini adalah di mukosa pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah serta di langit-langit.

Penyebab Sariawan?

Sampai saat ini penyebab pasti dari Sariawan belum diketahui. Namun para ahli telah menduga beberapa hal yang diperkirakan menjadi penyebab timbulnya sariawan ini, diantaranya adalah :

Faktor General :
-. Hormonal; Misalnya pada wanita di fase Menstruasi

-. Penyakit sistemik.
-. Stress; Pada saat ujian/ tekanan pekerjaan

Faktor Lokal:
-. Luka pada pipi akibat:

   1. Tambalan yang tajam
   2. Lubang gigi yang tajam
   3. Gigi Palsu yang kasar dan tajam
-. Luka pada bibir akibat tergigit/benturan.
-. Kurangnya asupan vitamin B12 dan zat besi.
-. dll yang menyebabkan trauma/ luka pada gusi atau mukosa mulut.

Infeksi virus dan bakteri juga diduga sebagai pencetus timbulnya Sariawan ini. Ada pula yang mengatakan bahwa sariawan merupakan reaksi imunologik abnormal pada rongga mulut. Nah yang cukup sering terjadi pada kita, terutama warga kota yang sibuk, adalah stress. Faktor psilkologis ini (stress) telah diselidiki berhubungan dengan timbulnya Sariawan.

Cara mengatasinya?

Dengan mengetahui penyebabnya, diharapkan kita dapat menghindari timbulnya sariawan ini, diantaranya dengan menjaga kebersihan rongga mulut serta mengkonsumsi nutrisi yang cukup, terutama yang mengandung vitamin B12 dan zat besi. Juga selain itu, jangan lupa untuk menghindari stress. Namun bila ternyata sariwan selalu hilang timbul, Anda dapat mencoba dengan kumur-kumur air garam hangat dan pergi ke dokter gigi untuk meminta obat yang tepat untuk sariawannya. Karena apabila kita tidak tau pasti kadang kita mengkonsumsi obat yang salah, karena pengobatannya sebaiknya juga berdasarkan faktor penyebabnya. Sebaiknya jangan di obati sembarangan karena kita tidak tahu apakah obat tersebut bersifat karsinogenik, atau merangsang kanker.
 

PERHATIAN!! Sariawan yang lebih dari dua minggu harus di waspadai... segera hubungi dokter supaya bisa di check and recek lebih lanjut.

Ada yang lagi sariawan? :)  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar