Search

Rabu, 16 November 2016

Apa yang harus dilakukan ketika gigi terlepas?

Instagram



" Dok, gigi anak saya terlepas saat terjatuh.. Apa yang harus saya lakukan Dok?"


Dokter gigi mengacu pada gigi yang leaps ini sebagai "avulsi" gigi. Ini adalah salah satu keadaan darurat gigi yang paling serius bagi gigi permanen. Namun, kerusakan ini mash bisa diperbaiki. Jika Anda bertindak cepat, ada kesempatan baik ini bisa diselamatkan.

Apa yang Bisa Anda Lakukan

Ketika gigi telah terlepas, saraf, pembuluh darah dan jaringan pendukung yang rusak. Saraf dan pembuluh darah tidak dapat diperbaiki. Itu sebabnya semua gigi avulsi akan membutuhkan perawatan saluran akar. Lalu, gigi dapat "melekat" lagi pada tulang setelah gigi tersebut dimasukkan kembali ke tempatnya. Yag perlu diingat, bahwa hanya kasus avulsi gigi permanen  yang perlu untuk dikembalikan ke tempatnya.

Oleh arena itu, sangat penting untuk secepatnya ke  dokter gigi  setelah gigi terlepas. Hal ini juga penting untuk menghindari kerusakan gigi lebih lanjut.

Ikuti saran ini untuk meningkatkan peluang menyelamatkan gigi Anda:

Peganglah gigi dengan hati-hati pada bacia mahkotanya. Cobalah untuk tidak menyentuh akar (bagian gigi yang berada di bawah gusi).

Jika gigi kotor, pegang pada bagian atas (mahkota) dan bilas dengan susu atau air mengalir.  Jangan bersihkan dengan kain lap, baju atau kain lainnya. Hal ini dapat merusak gigi.

Jagalah gigi agar tetap lembab. Jika memungkinkan, masukan gelas kedalam segelas susu. Jika Anda tidak dapat melakukan hal ini, masukkan gigi tersebut di dalam mulut Anda, diantara pipi dan gusi. Cara berikutnya adalah dengan menempatkan gigi di dalam cangkir yang surah dise dengan air liur. Jika tidak ada yang lain tersedia, menempatkan gigi dalam secangkir air data menjadi pilihan. Yang paling penting adalah menage gigi agar tetap dala keadaan lembab.

Berikut adalah Poster tenting gigi avulsi yang dikeluarkan oleh Australian Dental Association.


Instagram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar