Search

Rabu, 12 September 2012

Sudah tahu tentang Dental Floss??


 
“Dok, saya pernah denger tentang benang gigi..Itu apa sih dok? Apa kita pake benang yang biasa dipake buat jahit?” Ternyata pertanyaan seperti ini cukup sering terdengar terlontar dari mulut pasien. Mengapa? Karena memang penggunaan Dental Floss belum terlalu umum dilakukan oleh masyarakat. Hal ini disebabkan karena kesehatan gigi terlalu “dibebankan” kepada menyikat gigi.


Dental floss (benang gigi) adalah benang tipis dan lembut yang terbuat dari nilon, plastic, ataupun pita sutra dan biasanya tersedia dalam beberapa pilihan. Ada yang memiliki rasa, dilapisi lilin, maupun Dental Floss biasa. Penggunaan Dental Floss sangat berguna dalam mencegah timbulnya penyakit Gusi dengan cara membuang sisa-sisa makanan dan plak diantara Gigi, yang tidak dapat dicapai oleh sikat Gigi. Plak merupakan suatu zat yang lengket yang mengandung bakteri. Jika plak ini terus terkumpul, bakteri dapat mengiritasi Gusi dan menyebabkan pembengkakan.

Dental Floss digunakan dengan cara disisipkan diantara gigi dan ditekan sepanjang sisi gigi, khususnya daerah yang dekat dengan gusi. Secara perlahan, gerakan floss naik turun, dengan kondisi tetap menekan ke sisi gigi. Jangan pernah menekan kea rah Gusi, karena hanya akan menyebabkan iritasi pada Gusi. Pastikan setiap sisi Gigi sudah ter-floss dengan bersih.

Bagaimana jika sewaktu kita menggunakan Dental Floss, gusi menjadi berdarah? Terkadang hal seperti ini memang terjadi, apalagi jika anda termasuk “orang baru” dalam melakukan Flossing. Hal ini disebabkan karena sudah terjadi kerusakan minimal pada Gusi dan jaringan penyangga gigi akibat plak yang menumpuk. Jika tetap terjadi perdarahan setelah beberapa hari menggunakan Floss, disarankan untuk segera berkonsultasi ke Dokter Gigi. Hal ini untuk mengetahui apakah anda sudah melakukan flossing dengan benar, ataupun terdapat masalah-masalah lebih lanjut pada Gusi dan jaringan penyangga Gigi.

Flossing yang dikombinasikan dengan menyikat gigi secara signifikan dapat mencegah terjadinya penyakit Gusi, bau mulut, dan Lubang Gigi.

1 komentar:

  1. Sumbernya dari mana dok? Minta sitasi dan dapusnya dong hehehe.

    BalasHapus