Search

Rabu, 18 Juli 2012

Gigi Bungsu yang Impaksi?


 
Seperti artinya Impaksi sebenarnya dapat diartikan sebagai Kondisi Gigi yang terjepit dan atau tidak bisa menempati posisi yang seharusnya dari lengkung gigi. Gigi yang sering dikaitkan dengan Gigi impaksi adalah Gigi bungsu, dan yang kedua adalah Gigi Taring. Kali ini coba kita bahas dulu yang disebabkan Gigi Bungsu.

Gigi Bungsu itu apa sih sebenarnya? Gigi bungsu merupakan Gigi geraham urutan ke-3.Dan kenapa disebut Gigi Bungsu, krn gigi ini merupakan gigi yg paling terakhir keluar diantara semua gigi..Lalu kenapa pula gigi ini sering disebut "Wisdom teeth"? Karena Gigi ini tumbuh di awal usia 20-an (age of wisdom), karena inilah disebut "wisdom teeth".


Penyebab dari Gigi Impaksi yang paling utama adalah karena besarnya rahang tidak cukup untuk menampung besar gigi yang tumbuh..Sehingga Gigi ini tetep berada di bawah gusi, bahkan tulang..Jd Impaksi adalah keadaan dimana gigi mengalami HAMBATAN dalam ARAH tumbuhnya, shg ga mencapai posisi sebenarnya..


Beberapa Posisi Impaksi Gigi bungsu

  
Timbulnya Impaksi, biasanya dibarengi dengan beberapa Gejala yang mungkin akan kita rasakan. Tetapi, kadang juga terdapat impaksi yang timbul tanpa ada gejala apapun yang membuat penanganan menjadi terlambat. Beberapa gejala ini mungkin akan timbul bersamaan dengan Impaksi:
1. Sakit / Kaku / Pegal pada rahang di area Gigi yang mengalami Impaksi
2. Pembengkakan pada gusi di ATAS gigi Geraham yang Impaksi
3. Sakit Kepala, sakit pada telinga dan atau leher terutama pada sisi yang impaksi
4. Bau Mulut akibat adanya makanan yang terjebak terus menerus
5. dsb


Biasanya, sewaktu kita ke dokter gigi mereka akan menyarankan untuk dilakukan foto rontgen untuk dapat melihat posisi dari gigi yang mengalami impaksi tersebut.



Lalu, sebenarnya, kenapa gigi Impaksi ini harus dicabut?
1. Karies (Gigi berlubang). Makanan yang terjebak di antara Gigi Bungsu dan Geraham ke-2 bisa menyebabkan Karies pada keduanya..
2. Infeksi Gusi, krn makanan yg terjebak di celah Gusi..akhirnya terjadi pembengkakan, sakit, dan Bau Mulut.
3. Infeksi yang cukup berat, bisa sampai menyebabkan kesulitan dalam membuka mulut.
4. Rasa sakit dan kerusakan pada Gigi Geraham ke-2 karena tertekan
5. Berjejalnya Gigi dalam lengkung rahang, karena "dorongan" dari Geraham ke-3 ini.
6. Pada beberapa kasus, jika dibiarkan, Gigi Impaksi bisa menyebabkan terbentuknya Kista dan kerusakan yg luas pada Rahang..



Ilustrasi Akibat-Akibat Impaksi

Contoh Gigi geraham-2 yang "ditabrak"

Sekian tulisan tentang Impaksi gigi bungsu. Semoga membantu ya :)

Sumber diambil dr Internet dan Ilmu di bangku Perkuliahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar