Search

Senin, 20 Februari 2012

Apa itu Penyakit Periodontal?


Mungkin kita sering denger orang bilang penyakit Periodontal. Sebenarnya, apa sih penyakit Periodontal? Penyakit periodontal bisa diartikan sebagai sebuah sindrom yang meliputi gusi berdarah dan Terjadinya penurunan tulang. Lalu, ada juga kemungkinan untuk terjadinya kegoyangan gigi, Bau Mulut dan turunnya Gusi.



Lalu, kenapa Penyakit Periodontal bisa terjadi? Penyakit Periodontal terjadi karena salah satu respon inflamasi akibat adanya infeksi oleh bakteri yang ada di sekitar dan menempel pada gigi. Plak yang tertinggal pada permukaan gigi pada waktu yang lama akan memberi "makanan" pada bakteri, dan lama-lama bisa menjadi "racun" untuk tubuh. Nah, inflamasi itu adalah pertahanan tubuh dalam melawan bakteri dan racun-racun mereka, tetapi masalahnya reaksi inflamasi ini bukan hanya berimbas untuk membunuh bakteri, tapi juga merusak daerah sekitarnya yg sehat, termasuk penurunan tulang dan gusi (bayangkan seperti menembak seekor burung dengan bom :p ).

Lalu Bagaimana menanganinya?


Perawatan dapat dimulai dengan melakukan pembersihan terlebih dahulu ke dokter gigi. Perawatan yang biasa diberikan adalah Deep scaling and root planning. Hal selanjutnya adalah mengajarkan bagaimana cara merawat kesehatan gigi dan mulut yang optimal. Hal inilah sebenarnya hal yang terpenting, karena hal inilah yang akan kita lakukan setiap hari dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut di masa depan. Pasien juga kadang diresepkan obat kumur :)

Coba di cek mulutnya, ada yang ternyata punya penyakit Periodontal? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar