Search

Selasa, 14 Februari 2012

Penyebab Bau Mulut




"Aduh ni orang kalo ngomong bau banget sih.."; "Sikat gigi gak sih ini orang?"; "Pasti ni orang abis makan jengkol deh..!"

Mungkin ini yang seringkali ada di pikiran kita, setiap kali kita berbicara berhadap-hadapan dengan orang yang nafasnya kurang segar..Tapi sebenernya apa sih penyebab dari Bau Mulut? Apa emang Bau Mulut terjadi cuma karena tidak sikat gigi??



Secara Umum, sebagian besar bau mulut memang disebabkan oleh kurang terjaganya kesehatan gigi dan mulut kita..Yaitu karena tidak sikat gigi :p

Bau mulut juga biasanya dipicu oleh jenis makanan yang kita makan..Terutama makanan-makanan yang mengandung bau yang menyengat..seperti Pete, jengkol, Durian, dll..Kenapa Begitu? Sebenernya perjalanan makanan kita di dalam tubuh ini panjang sekali..Tapi secara garis besar, makanan ini akan dicerna dan diserap aliran darah, terus aroma ini dibawah ke paru-paru..itu dia kenapa makanya jadi bau mulut

Selain itu, bau mulut juga bisa ditimbulkan dari makanan-makanan yang berbau biasa..Tetapi masalahnya makanan ini seringkali terselip di antara gigi kita..Nahh, sewaktu kita ga sadar ada makanan yg terselip, dan makanan ini berada di antara gigi dalam waktu yang lama, maka makanan ini akan membusuk..Hal inilah yang juga menjadi salah satu penyebab bau mulut..

Makanan yang tersisa pada pemakai Behel dan tidak dibersihkan juga merupakan penyebab bau mulut..Karena Behel merupakan "alat" tambahan yang ditempelkan pada gigi, serta mempunyai banyak permukaan sempit..sehingga menjadikan behel tempat yang "ideal" untuk terkumpulnya sisa makanan


Hal lain yang juga disebut-sebut sebagai penyebab bau mulut adalah karena adanya penyakit gusi..Penyakit ini biasanya terjadi karena ada bakteri di gusi yang dapat mengiritasi gusi, baik secara langsung maupun tidak langsung..Contoh yang paling sering adalah Karang Gigi..

Karang Gigi ini tidak dapat hilang dengan menyikat gigi..Satu-satunya cara untuk menghilangkan karang Gigi adalah dengan pergi ke dokter gigi dan minta dilakukan prosedur Scalling untuk menghilangkannya..

Selain karena masalah kebersihan mulut, ternyata bau mulut juga dapat disebabkan karena beberapa hal:

1.Ada beberapa penyakit dalam tubuh yang menjadi penyebab bau mulut...misalnya sinusitis, diabetes, masalah ginjal, lever, lambung dan asma..

2.Biasanya saat kita telat/tidak makan, sehingga lambung kosong, asam lambung memberikan efek bau yg kurang sedap di dalam mulut kita..

3.Ketika mulut kering, Nafas akan terasa tidak segar, karena kuman akan lebih cepat berkembang ketika mulut kita kering..

Nahh, setelah kita tau penyebab-penyebab dari Bau Mulut, ada beberapa Tips yang wajib diketahui nih untuk mencegah Bau mulut:

1. Sikat gigi minimal 2 menit dan 2x sehari

2. Ganti sikat gigi setiap 2-3 bulan sekali..Supaya pembersihan gigi lebih optimalJangan tunggu sampe mekar2 baru diganti :p

3. Gunakan Obat kumur sesudah menyikat gigi *Saya pribadi lebih menyukai obat kumur non-alcohol

4. Gunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi..

5.Makanlah makanan tertentu yang berbau "khas" pada waktu yang tepat..Jangan mau ketemu Boss malah makan jengkol/ pete :p

6. Sering berkumur dan minum air putih juga bagus, karena bisa membuang sisa-sisa partikel makanan dan bakteri serta merangsang produksi ludah

Sekian dulu cuap2nya soal bau mulut..Semoga bermanfaat yaaa :)

Ada yang tau cara lain untuk mencegah bau mulut?? Share disini dong :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar