Search

Selasa, 14 Februari 2012

Tips Sederhana Menyikat Gigi




Terkadang saya suka mendengar orang: "eh, sikat gigi itu harus keras biar bersih.."; atau yang satu ini: "Sikat gigi tuh harus sampe berdarah biar bersih.."..

Sebenernya yang penting bukan kerasnya atau harus sampai berdarah..:)Tetapi sikat gigi yang baik itu adalah yang dilakukan dengan teknik yang benar..ada beberapa hal yang harus diperhatiin nih selama menyikat gigi:



1. Cara menyikat harus dapat membersihkan semua deposit pada permukaan gigi dan gusi secara baik, terutama sekitar gusi dan ruang antar gigi..

2. Gerakan sikat gigi tidak merusak jaringan gusi dan mengabrasi lapisan gigi dengan tidak memberikan tekanan berlebihan..

3. Cara menyikat harus tepat dan efisien..

4. Frekuensi menyikat gigi maksimal 3 X sehari (setelah makan pagi, makan siang dan sebelum tidur malam), atau minimal 2 X sehari (setelah makan pagi dan sebelum tidur malam)..

Menyikat gigi harus dilakukan secara sistematis, TIDAK ADA SISA MAKANAN TERTINGGAL.. Caranya menggosok mulai dari gigi BELAKANG kanan/kiri digerakan KE arah DEPAN dan berakhir pada gigi BELAKANG kanan/kiri dari sisi lainnya.. (Belakang-Depan-Belakang)..

Sebenarnya, sekarang banyak tuh jenis-jenis menyikat gigi..Daripada bingung, saya bisa bilang kalo sebenernya semua caranya hampir mirip..Yang harus diingat:

1. Menyikat gigi MINIMAL 2 Menit :)
Sebenernya hal ini yang paling sulit dilakuin..mungkin karena ga betah kali yaa :p

2. Yang penting, semua bagian Gigi Terkena Sikat

Ini juga kadang suka ketinggalan..Terutama gigi bawah depan bagian belakang..

Nah, segitu dulu deh, paparan saya tentang cara menyikat Gigi :)Semoga setelah ini, jadi tidak malas lagi menggosok gigi :D

Ayo sama-sama budayakan menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur malam, luangkanlah waktu sebentar untuk memelihara gigi kita dan mencapai napas segar..

Perlu diingat dan diperhatikan bahwa sumber infeksi/vokal infeksi itu berawal kondisi gigi dan mulut Anda..

Dengan gigi sehat dan mulut segar...tidur Anda akan nyenyak dan terhindar dari penyakit.. :D

Bagaimana nih dengan cara sikat gigi para pembaca?? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar