Search

Senin, 07 Oktober 2013

Bagaimana cara menjaga gigi pada anak-anak?

 

"Dok, kapan sih waktu yang tepat untuk mulai menyikat gigi anak-anak?"

Lubang pada gigi adalah salah satu penyakit kronik paling umum yang terjadi pada anak-anak. Jadi penting bagi anda untuk mengajarkan kepada mereka betapa pentingnya menjaga kebersihan kesehatan gigi dan mulut mereka. Tidak seperti orang dewasa, anak-anak membutuhkan beberapa macam jenis kebutuhkan untuk perawatan gigi dan mulut, sesuai dengan umur mereka.

Stage 1 (Usia 4 bulan - 2 tahun)


Untuk mencegah penumpukan plak, yang bersifat lengket dan mengandung bakteri (penyebab gigi berlubang), maka biasakan untuk membilas gusi anak anda dengan waslap basah setelah mereka mengkonsumsi susu (Botol ataupun ASI)/

Ketika gigi pertama mereka tumbuh, orang tua harus langsung mulai menyikat gigi tersebut selama 2 menit, 2 kali sehari dengan menggunakan kain kasa yang dililitkan pada jari, ataupun sikat gigi lembut dengan ujung kepala yang empuk, dengan menggunakan pasta gigi Non-Fluoride seukuran kacang.

Mulailah berkunjung ke Dokter Gigi. Kapan? Segera setelah mereka memasuki usia pertama, dan dilanjutkan dengan kunjungan rutin setiap 6 bulan sekali untuk memastikan perkembangan gigi yag tepat.

Stage 2 (Usia 2 tahun - 4 tahun)

Anak usia 2 tahun ke atas sangat dianjurkan untuk mulai menggunakan pasta gigi berfluoride untuk membantu mencegah kerusakan gigi mereka yang sedang berkembang.

Awasilah bagaimana anak anda menyikat gigi mereka. Jangan dilarang, karena hal tersebut merupakan proses pembelajaran yang tidak boleh anda ganggu. Biasakan untuk menyikt gigi selama 2 menit. Mungkinkah? Karena anak-anak biasanya sangat tidak suka dengan menyikat gigi.


Menyikat gigi bersama merupakan salah satu contoh yang baik. Ini akan membantu anak anda belajar  dengan memperhatikan dan meniru anda.

Nyanyikanlah lagu kesenangan mereka atau memainkan musik dari lagu yang mereka sukai selma 2 menit mereka menyikat gigi mereka.

Untuk anak-anak berusia 2 tahun ke atas, orang tua perlu menyadari besarnya dampak yang dihasilkan dari nutrisi dan kebiasaan makan/minum anak anda terhadap kesehatan mulut, begitu juga kesehatan secara menyeluruh. Orang tua harus membiasakan kebiasaan baik dengan membatasi makanan/ minuman manis, minuman bersoda, dan menawarkan makanan ringan yang lebih sehat.

Stage 3 (Usia 5 tahun keatas)

Anak-anak pada usia ini mulai memilik gigi permanen, jadi penggunaan pasta gigi berfluoride adalah sebuah keharusan. Seharusnya pada tahap ini, menyikat gigi selama 2 menit, 2 kali sehari sudah menjadi bagian dari kebiasaan mereka, seiring dengan transisi gigi susu menjadi gigi permanen.


   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar