Search

Kamis, 19 Desember 2013

Amankah Penggunaan Dot (Pacifier) untuk anak-anak?





"Dok, apakah benar, penggunaan dot pada anak-anak bisa bikin gigi jadi monyong? Soalnya kalau anak saya dotnya dilepas, pasti nangis dok..!! "
 
Sejak dilahirkan, bayi mempunyai naluri untuk menghisap. Menghisap bukan saja berguna sebagai cara bayi untuk memasukkan makanan, tetapi juga sebagai cara untuk menenangkan diri. Penggunaan dot memang sangat membantu untuk mencegah terjadinya "over-feeding" dan membantu menenangkan anak. Tetapi penggunaan yang berkepanjangan mempunyai efek yang kurang baik untuk gigi. Dengan fungsinya yang cukup baik, orang tua sering menggunakannya diantara waktu menyusui, saat tidur siang, atau saat perjalanan panjang di dalam mobil.



Sewaktu usia bayi bertambah dan perkembangan gigi mereka dimulai, maka dot akan memiliki peranan dalam merusak Perkembangan gigi. Penggunaan Dot yang berkepanjangan; terutama hingga Gigi permanen anak sudah tumbuh (5-7 Tahun); akan berakibat pada berbagai masalah Gigi. Gigi atas akan bergerak miring keluar (tonggos/ monyong). Selain itu, dalam situasi yang lain, anak-anak berada pada resiko untuk mengembangkan gigitan silang, suatu kondisi dimana rahang atas lebih sempit dibandingkan rahang bawah.

Penggunaan dot juga akan mengganggu perkembangan berbicara pada anak. Karena proses berbicara pada anak dimulai dengan mengeluarkan suara-suara dari mulut. Anak akan belajar untuk memproses pembentukan suatu kata dengan menggunakan bibirnya. Hal ini tentu akan terganggu, jika anak tersebut terus menggunakan dot di dalam mulutnya. 


Cara untuk menghindari efek negative dari Dot adalah dengan membatasi lamanya penggunaan. Gunakanlah dot hanya pada saat-saat tertentu, seperti hanya pada saat tidur siang atau hanya diantara waktu makan. Pertimbangkan untuk tidak memberikan dot, meskipun anak anda menangis dengan keras dan membuat anda khawatir. Hal ini akan bermanfaat untuk memungkinkan bayi belajar bagaimana cara menenangkan diri. Usia 3-4 tahun adalah batas MAKSIMAL yang dianjurkan untuk anak-anak menggunakan dot. Kapan waktu yang tepat untuk memulai menghentikan penggunaan dot? Umur 12 bulan adalah waktu yang tepat, karena anak-anak akan mulai belajar untuk memproduksi kata-kata dari mulutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar