Search

Minggu, 15 Maret 2015

Kapan waktu yang tepat untuk membawa anak ke Dokter gIgi?

Instagram




"Dok, kapan sih waktu yang tepat untuk memeriksakan gigi anak saya ke Dokter gigi?"



Menurut AAPD (American Academy of Pediatric Dentistry) dan AAP (American academy of Pediatrcics), umur yang paling tepat untuk membawa anak ke Dokter gigi adalah usia 1 tahun. Walaupun ini tampak terlalu cepat, ada alasan kuat mengapa hal ini disarankan. Fokus pada pemeriksaan pertama ke dokter gigi adalah prefentive (pencegahan), edukasi pada orang tua dan pengasuh tentang kesehatan gigi dan mulut pada usia dini. Pada kunjungan pertama akan dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh, instruksi yang harus dilakukan di rumah, serta mendiskusikan tentang penggunaan dot serta kebiasaan-kebiasaan lain.

Semakin dini kita membawa anak kita ke Dokter gigi, maka akan lebih cepat kiita untuk "menangkap" lubang yang terjadi. Pada tahap awal, mungkin perawatan seperti penambalan belum dibutuhkan. Dengan merubah diet dan kebersihan mulut cukup untuk menjaga agar gigi tersebut tetap sehat. Jika terlambat dan baru dibawa pada usia 3 tahun, banyak sekali yang datang dalam keadaan karies rampant, keadaan dimana karies (lubang gigi) menjalar dengan sangat cepat yang mungkin membutuhkan penambalan yang banyak, dan mungkin pencabutan.

Pada kunjungan pertama ini, anak anda sangat mungkin akan menangis dan tidak akan kooperatif, dan ini sangat wajar. Karena anak di bawah usia 3 tahun memiliki lingkungan oral yang sensitif dan "hanya milik mereka sendiri", dan ini alasan yang sama mengapa sangat sulit untuk menyikat gigi anak. Lalu bagaimana? Bantuan orang tua sangat dibutuhkan dengan memeluk anak dari belakang agar anak merasa lebih aman dan nyaman dan dokter gigi dapat memeriksa gigi dengan lebih leluasa serta menentukan perawatan yang tepat untuk anak anda.

Dengan pemeriksaan berkala setiap 6 bulan, proses ini akan menjadi lebih mudah dan mudah untuk anak anda.

Instagram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar