Search

Senin, 04 Juni 2012

Setelah Makan jangan langsung menyikat Gigi!!


 
Segera periksakan gigimu ke dokter gigi Sejak kecil tentu kita diajarkan untuk menyikat gigi dua kali sehari oleh orangtua kita, pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Selain menjaga kesehatan gigi, menyikat gigi seusai sarapan akan menjaga penampilan kita dari kejanggalan yang akan ditimbulkan oleh-oleh sisa makanan yang menempel pada gigi. Tetapi yang terpenting dari semuanya adalah kebiasaan sehat yang hanya menghabiskan waktu 5 menit ini bisa membuat gigi dan mulut kita selalu sehat.

Gigi yang sehat adalah gigi yang rapi, bersih, bercahaya, dan ditopang gusi yang juga sehat. Gusi yang sehat berwarna merah muda dan juga terlihat kencang. Menyikat gigi dua kali sehari biasanya dilakukan setelah selesai sarapan dan sebelum beranjak tidur. Tahu nggak, ternyata sebenarnya kita nggak boleh langsung menyikat gigi setelah selesai makan? Pasti nggak sedikit di antara kamu yang terlalu berlebihan menjaga kesehatan gigi dan langsung menggosok gigi setelah selesai makan. Pada kenyataannya, kadar pH dalam mulut berubah setelah kamu selesai makan. Lapisan email gigimu bisa menipis kalau kamu langsung menyikatnya. Karena itu sikatlah gigi 30 menit setelah makan, tunggu sampai kadar asam dalam mulut kembali normal.

Menyikat gigi pada malam hari jauh lebih penting dibandingkan dengan menyikat gigi pada pagi hari. Ini disebabkan gigi dan mulut sudah digunakan beraktivitas selama seharian sehingga sisa-sisa makanan pasti lebih banyak pada malam hari. Ditambah lagi, produksi Saliva (ludah) akan berkurang selama kita tidur. Jadinya kemampuan "self-cleansing" juga otomatis berkurang. Saat tidur mulut dan gigi akan beristirahat total oleh karena itu sangat penting membersihkan gigi pada malam hari agar sisa-sisa makanan tidak akan bereaksi dengan enzim dalam mulut.

Membersihkan gigi juga nggak sekadar mengoleskan pasta gigi pada sikat gigi serta menggosokkannya pada gigi, lho. Untuk menunjang kebersihan gigi secara optimal, pilihlah sikat gigi dan pasta gigi yang bagus. Sikat gigi yang bagus adalah sikat gigi yang bulu-bulunya bisa sekaligus memijat gusimu. Maka dianjurkan memilih sikat dengan bulu yang tidak terlalu keras dan sesuaikan besarnya dengan rongga mulutmu agar kamu nyaman saat menggerakkannya. Sebagai bahan pembersih utama, pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride dan detergen yang sedikit.




Gigi yang nggak kamu rawat dengan baik bisa membuat gigi kamu rusak. Infeksi, gigi berlubang, dan berjuta permasalahan lainnya bisa timbul dalam mulutmu. Pertanyaannya, apakah infeksi pada gigi adalah masalah yang bisa kita anggap sepele? Tidak! Karena gigi adalah salah satu alat yang paling vital yang bisa berpengaruh pada organ-organ tubuh lainnya.

Penyebab lubang pada gigi nggak cuma makanan manis dan sisa-sisa endapan makanan, tetapi salah menyikat gigi juga bisa bikin gigi kamu berlubang. Lubang pada gigi yang masih dangkal sebaiknya cepat ditangani oleh dokter gigi. Gigi berlubang yang berkepanjangan dapat menyebabkan infeksi yang akan bisa merusak ginjal, menyebabkan nyeri pada mata bagian atas.

Maka dari itu jangan sekali-kali menyepelekan kesehatan gigi kita. Perawatan gigi yang tepat akan menghasilkan gigi dan mulut yang sehat. Nggak lucu kan, kamu terkena penyakit berat seperti sakit jantung hanya karena kebiasaan yang nggak higienis?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar