Search

Selasa, 22 Januari 2013

Makanan pembersih alami gigi anda





          “Dok, ada gak sih makanan alami yang bisa membantu untuk membersihkan gigi kita selama kita mengkonsumsinya?”

          Seperti yang ada ketahui, menyikat gigi, menggunakan dental floss, dan menghiindari beberapa jenis makanan (lengkat dan manis) adalah kunci terbaik untuk mendapatkan kesehatan mulut yang optimal. Tetapi, terkadang kita tidak menyadari, bahwa terdapat beberapa makanan yang ternyata sangat baik untuk kesehatan gigi dan gusi anda.


          Makanan yang mengandung kalsium, bukan saja baik untuk menguatkan tulang, namun juga gigi anda. Keuntungan lainnya adalah makanan yang mengandung polifenol dan probiotik, yang akan meningkatkan kesehatan lingkungan mulut anda. Inilah beberapa makanan yang mungkin harus anda masukan ke dalam list diet anda sehari-hari.

I.                   Berry
Buah berry seperti cranberry telah lama direkomendasikan untuk membantu mencegah infeksi saluran kemih. Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian menunjukan bahwa elemen pada cranberry yang menghambat bakteri untuk menempel pada kandung kemih, mempunyai efek yang sama pada gigi.
Penelitian yang dilakukan oleh University of Rochester Medical Center, mengatakan bahwa 2 senyawa yang ada pada cranberry-lah (quiercitin dan myricetin) yang menyebabkan efek “Teflon” ini, khususnya flavonoid (antioksidan) yang dikenal sebagai quiercitin dan myricetin.
Cranberry bukan saja mencegah bakteri untuk menempel pada gigi, namun juga mencegah proses terbentuknya plak. Sehingga dengan ini membantu mencegah terbentuknya lubang pada gigi anda.

II.                Apel
Apel adalah buah yang mengandung sedikit asam. Karena itu, apel merupakan buah yang cukup ideal untuk membuat gigi menjadi lebih bersih dan cerah. Selain itu, tekstur apel yang renyah (seperti seledri, wortel) juga bertindak seperti sikat gigi mini ketika mereka dikunyah.
Hal ini benar-benar membantu untuk menghilangkan noda- noda pada gigi anda, walaupun tidak terjadi dalam tempo waktu yang singkat. Efek apel ini akan sangat terlihat, terutama bagi para pencinta kopi ataupun teh, yang sering kali banyak memiliki noda pada gigi mereka.

III.              Jeruk Lemon
Keuntungan yang diberikan oleh jeruk lemon adalah kemampuannya untuk membuat gigi lebih putih. Lemon juga mempunyai sifat antibakteri yang membuatnya menjadi pemutih gigi alami yang sempurna.
Kandungan Asam sitrat yang terdapat di dalam Jeruk Lemon telah terbukti dapat menghilangkan noda yang ada padaemail gigi. Oleskan air jeruk lemon pada Gigi, dan sikatlah dengan perlahan. Karena tekanan yang terlalu kuat dengan tambahan asam, akan membuat gigi menjadi rusak.

IV.   Keju
Keju memiliki sifat yang mirip dengan susu, yaitu meningkatkan pH dan kadar kalsium serta fosfor di dalam mulut, yang sangat membantu dalam mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Keju juga menjaga keutuhan email gigi, bahkan membantu pembentukannya kembali.
Penelitian menunjukan bahwa anak- anak usia 7-9 tahun yang mengkonsumsi keju 5 gram sehari setelah sarapan selama 2 tahun, memiliki jumlah gigi berlubang yang jauh lebih sedikit dibandingkan anak-anak lainnya.

Demikianlah ke-4 makanan yang dapat membantu meningkatkan kebersihan mulut anda. Namun satu hal yang harus diingat, makanan apapun tidak dapat menggantikan peran dari menyikat gigi dan melakukan flossing. Gunakan dalam jumlah yang secukupnya, karena makanan manis dan asam yang terlalu banyak, akan membuat gigi anda menjadi rusak. Jika anda belum yakin, berkonsultasilah dengan dokter gigi anda untuk mengetahui apakah pola makan yang selama ini dilakukan sudah cukup baik untuk menunjang kebersihan mulut anda.


drg. Joshua Calvin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar